Masjid Karamel Yang Manis Sambut Idul Fitri

kelana kota 15 September 2008, 21:46:59, Laporan Eddy Prasetyo

Masjid Karamel Yang Manis Sambut Idul Fitri

suarasurabaya.net|

Menyambut datangnya Idul Fitri, Shangri-La Hotel punya cara tersendiri untuk menyambutnya. Sebuah miniatur masjid manis bernuansa hijau, jingga, dan kuning tampak berdiri indah di sudut lobby hotel kawasan Jl. Mayjen Sungkono itu.

“Pembuatannya sendiri membutuhkan waktu seminggu,” kata Chef DIDIK SUGIARTO. Mengapa disebut masjid manis? Menurut Chef DIDIK yang mengepalai tim pastry, karena masjid ini dibuat dari 100% gula. Dimensinya sendiri selebar 50 cm dengan panjang sekitar 1 meter.

Untuk pembangunannya sendiri, tim Chef DIDIK menghabiskan sebanyak 20 kg glukosa, 45 kg gula halus, dan 30 kg gula pasir. Untuk membangun tiap bagian masjid ini, tambah dia, membutuhkan kesabaran ekstra karena tingkat kesulitannya yang cukup tinggi mengingat bahan dasar pembuatan masjid ini adalah gula 100% termasuk kerangkanya.

Dinding masjid itu sendiri dibuat dari glukosa yang dipanggang di atas silpat (matras yang dibuat dari silicon) yang tahan panas sampai 300 derajat Celsius sehingga menghasilkan efek berlubang sebagai pemanis untuk tampilan masjid itu sendiri.

“Yang paling sulit adalah membangun kubah-kubah masjid karena kita menggunakan gula yang panasnya sampai 300 derajat Celsius. Butuh ketrampilan khusus untuk membentuknya.,” ujar dia.

ANDI NIA Communication Executive Shangri-La Hotel pada suarasurabaya.net mengatakan desain masjid caramel ini sengaja dibuat a la Timur Tengah mengingat pengalaman Chef DIDIK yang pernah bekerja di Dubai, Uni Emirat Arab. Pondasi masjid itu terbuat dari royal sugar icing yang dirangkai menyerupai bebatuan.

“Hal unik lainnya, masjid ini dikelilingi oleh kaligrafi bertuliskan Surat Al Ikhlas yang juga dibuat dengan icing sugar,” paparnya.

Untuk menambah kesan padang pasir, masjid karamel ini dinaungi tenda setinggi 2 meter berwarna merah marun. Di bagian atapnya terdapatdekorasi ketupat berwarna kuning khas tradisi Indonesia serta lampu Kristal berkilauan.

Karena pembangunan masjid karamel ini disesuaikan dengan tema Idul Fitri, keberadaaannya pun terbatas sampai dengan 6 Oktober 2008 mendatang.(edy)

Teks Foto :
– Masjid karamel yang indah di Shangri-La Hotel
Foto : EDDY suarasurabaya.ne

~ by robeshare on September 16, 2008.

One Response to “Masjid Karamel Yang Manis Sambut Idul Fitri”

  1. is that friska? hmm, still pretty🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: