Rossi Perbesar Peluang

Minggu, 31 Agustus 2008 21:43 WIB
Rossi Perbesar Peluang

REUTERS/Giampiero Sposito

SAN MARINO–MI: Pembalap Fiat Yamaha Valentino Rossi semakin memperbesar peluangnya untuk merebut gelar juara musim 2008 setelah memenangi Grand Prix San Marino, Minggu (31/8).

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Mizano tersebut, the Doctor–julukan Rossi–finis di urutan pertama dengan waktu 44 menit 41,884 detik. Kesuksesan pembalap Italia itu kembali tidak lepas dari nasib sial yang dialami seteru utamanya, Casey Stoner.

Pembalap Marlboro Ducati itu untuk kali kedua tidak bisa melanjutkan balapan akibat terjatuh ketika tengah memimpin lomba. Di seri sebelumnya (GP Republik Ceko) juara bertahan asal Australia itu juga gagal menambah perbendaharaan poinnya lantaran tergelincir.

Bedanya, kalau di Brno (17/8) lalu Stoner terjatuh di lap keenam, kali ini Stoner yang mengawali balapan dari posisi start terdepan (pole position) terjatuh di lap kedelapan.

Momentum itu pun kembali dimanfaatkan dengan baik oleh Rossi untuk merebut kemenangan ketiganya secara beruntun musim ini (hattrick). Dua gelar juara dunia tujuh kali itu sebelumnya direbut di GP Amerika Serikat (20/7) lalu dan GP Republik Ceko.

Finis di posisi kedua di seri ke-11 ini rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo, dengan defisit waktu 3,163 detik. Posisi ketiga direbut pembalap Ducati d’Antin, Toni Elias, dengan minus waktu 11,705 detik.

Posisi keempat dan kelima berturut-turut ditempati pembalap Repsol Honda Dani Pedrosa dengan waktu lebih lambat 17,470 detik dan pembalap Rizla Suzuki Chris Vermeulen dengan defisit waktu 23,409 detik.

Dengan hasil balapan itu, Rossi yang berada di posisi puncak klasemen dengan nilai 262 poin tidak hanya semakin memperlebar keunggulan poinnya menjadi 75 poin dari Stoner. Lebih dari itu, dia juga berhasil menyamai rekor rekan senegaranya, Giacomo Agostini, yang telah memenangi 68 balapan motor kelas premium (Moto-GP).

Sebaliknya, Stoner yang berada di posisi kedua dengan nilai tetap 187 poin mulai terancam oleh pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa. Posisi Stoner hanya unggul dua poin dari pembalap asal Spanyol itu yang mengoleksi 185 poin. (Mln/OL-2)

~ by robeshare on September 16, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: