Pengujukrasa Jepang Tolak Kedatangan Kapal Induk AS

Minggu, 21 September 2008 19:20 WIB
YOKOSUKA–MI: Hampir 200 warga Jepang melakukan unjukrasa, Minggu (21/9)terhadap kapal induk AS yang bertenaga nuklir yang menurut rencana akan tiba pekan ini untuk digelarkan dekat Tokyo.

Kapal induk USS George W. Washington menurut rencana akan berlabuh , Kamis (25/9) , merupakan kapal induk bertenaga nuklir pertama AS ditempatkan di luar AS.

Dengan mengenakan sarung tangan berwarna pink dan oranye sebagai simbol persatuan , para pengunjukrasa bergerak di sekitar pangkalan AS dibawah hujan gerimis di Yokosuka, satu pusat angkatan laut penting 50km selatan Tokyo.

“Kami tidak memerlukan perjanjian perdamaian dengan AS! Kami tidak membutuhkan militer AS di sini!” teriak para pengunjukrasa. “Kami tidak memerlukan kapal-kapal bertenaga nuklir!”

Jepang setuju menerima kapal George Washington yang berbobot mati 97.000 ton untuk menggantikan kapal induk bertenaga disel USS Kitty Hawk, yang tidak beroperasi lagi setelah ditempatkan selama 10 tahun di Yokosuka.

Kapal berukuran panjang 333 meter dek pesawat, membawa 70 pesawat, dilengkapi dengan dua reaktor nuklir yang dapat memasok listrik untuk kapal itu untuk 18 tahun.

“Saya takut adanya kecelakaan radiasi atau satu tabrakan kapal, kata Takahiro Nakajima, 70 tahun salah seorang penduduk Yokosuka yang ikut serta dalam unjukrasa itu.

AS menempatkan lebih dari 40.000 tentara di Jepang , yang secara resmi adalah negara damai sejak kalah dalam perang Dunia II. Hubungan sering tegang dengan penduduk yang menuduh tentara suka bikin gaduh dan kejahatan. (Ant/OL-03)

<!–

» Komentar Dari Anda

–>

~ by robeshare on September 22, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: