Produk-produk susu yang mengadung melamine(susu melamine)

Produk yang ditarik dari peredaran:
1. Jinwel Yougoo Susu Fermentasi Rasa Jeruk
2. Jinwel Yougoo Aneka Buah
3. Jinwel Yougoo tanpa Rasa
4. Guozhen susu bubuk full cream
5. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Cokelat
6. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila
7. Oreo Stick Wafer
8. Oreo Stick Wafer (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)
9. Oreo Cokelat Sandwich Cookies
10. M&M’s Kembang Gula Cokelat Susu
11. M&M’s Cokelat Susu
12. Snicker’s (biskuit-nougat lapis cokelat)
13. Dove Choc Kembang Gula Cokelat
14. Dove Choc
15. Dove Choc (disebut dua kali, karena ukuran berbeda)
16. Natural Choice Yoghurt Flavoured Ice Bar
17. Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar
18. Yili Bean Club Red Bean Ice Bar
19. Yili Prestige Chocliz
20. Yili Chestnut Ice Bar
21. Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk
22. Yili High Calcium Low Fat Milk Beverage
23. Yili High Calcium Milk Beverage
24. Yili Pure Milk 205 ml
25. Yili Pure Milk 1 L
26. Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk
27. White Rabbit Creamy Candy
28. Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar (kembang gula)
SUMBER: PUSAT KOMUNIKASI PUBLIK SEKRETARIAT JENDERAL DEPARTEMEN KESEHATAN RI

Produk Oreo+M&M yang mengandung melamin tsb, adalah produksi dari China. Bukan yang dari produksi dalam negeri. Hal itu dapat dibedakan dari kode produksi, kalo kodenya ML atau tanpa kode registrasi BPOM berarti dari Cina dan mengandung melamin. Akan tetapi kalo kodenya MD berarti produk dalam negeri dan tidak mengandung melamin.

Di Indonesia terutama di daerah yang dekat dengan luar negeri seperti provinsi2 Kalimantan dan Sumatra, sering dijumpai produk makanan selundupan yang masuk dari Malaysia dengan harga yang jauh lebih miring ketimbang harga produk2 yang sama produksi dalam negeri. Sehingga bisa masuk lah Oreo versi Cina, atau produk makanan lainnya dari Cina.

Adalah kebegoan media massa (TVOne, dll) yang merilis beritanya tanpa mengecek aktualitasnya dengan menganggap semua produk Oreo mengandung melamin (berita sore TV One sekitar jam 17.00 WIB). Dan kebegoan Puskom Publik Depkes yang tidak menambahkan rincian Produk Oreo yang mana apakah juga termasuk yang produksi dalam negeri.

Dan barusan di RRI Kepala BPOM menegaskan produk2 tersebut di atas yang diproduksi dalam negeri atau telah berkode MD tetap boleh beredar dan terbukti tidak mengandung melamin.

Sumber : Press Release Kepala BPOM di RRI 24 September 2008 18.30 WIB

Kemarin 23 September 2008, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan resmi mengeluarkan daftar produk makanan yang ditarik dari peredaran karena mengandung susu melamin asal China. Ironisnya dari ke 26 merek yang ditarik justru terdapat merek produk makanan berupa susu, permen coklat dan biskuit susu yang terkenal. Walau BPOM mengeluarkan daftar sebanyak 28 merek makanan bermelamin namun terdapat 2 jenis merek yang hanya dibedakan oleh ukuran saja makanya saya hanya menyebutnya 26 merk makanan saja. Dan lebih jauh lagi kalau dilihat-lihat justru dari 26 merk makanan yang dikeluarkan oleh BPOM justru pada kenyataannya hanya mengandung 12 merek. Walah.. ko jadi pusing yah hehehehe. Nah buat jaga-jaga, berikut saya tampilkan daftar merek-merek makanan dan minuman berupa biskuit, es krim, toghurt, susu, permen dan variannya yang ditarik dari peredaran akibat mengandung susu formula ber Melamin asal Cina, atas instruksi BPOM.

  1. Dutch Lady Strawberry Flavoured Milk
  2. Dove Choc Kembang Gula Cokelat
  3. Dove Choc (nah ini disebutin 2x hanya karena kemasannya berbeda)
  4. Guozhen susu bubuk full cream
  5. Jinwel Yougoo Susu Fermentasi Rasa Jeruk
  6. Jinwel Yougoo Aneka Buah
  7. Jinwel Yougoo tanpa Rasa
  8. M&M’s Kembang Gula Cokelat Susu
  9. M&M’s Cokelat Susu
  10. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Cokelat
  11. Meiji Indoeskrim Gold Monas Rasa Vanila
  12. Natural Choice Yoghurt Flavoured Ice Bar
  13. Nestle Dairy Farm UHT Pure Milk
  14. Oreo Stick Wafer (nah ini disebutin 2x hanya karena kemasannya berbeda)
  15. Oreo Cokelat Sandwich Cookies
  16. Snicker’s (biskuit-nougat lapis cokelat)
  17. Yili Bean Club Matcha Red Bean Ice Bar
  18. Yili Bean Club Red Bean Ice Bar
  19. Yili Chestnut Ice Bar
  20. Yili Choice Dairy Frozen Yoghurt Bar (kembang gula)
  21. Yili High Calcium Low Fat Milk Beverage
  22. Yili High Calcium Milk Beverage
  23. Yili Prestige Chocliz
  24. Yili Pure Milk 1 L
  25. Yili Pure Milk 205 ml
  26. White Rabbit Creamy Candy

Nah perhatiin deh, beneran kan cuma ada 12 merek… wkwkwkw pusing amat ya gw…

Tapi emang serem sih kasus susu melamin ini, dan yang aku sedihkan adalah justru di antara produk-produk itu terdapat makanan favorit saya… hiks.. Yup emang benar beberapa varian OREO dan M&M telah dilarang beredar bahkan justru ditarik dari peredaran. Itu artinya harus ngurangi ngemil nih…. hayo yang suka ngemil Oreo ama M&M pikirin lagi deh sebelum ngemil hehehe

~ by robeshare on September 25, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: