China Kembali Luncurkan Misi Ruang Angkasa

Jumat, 26 September 2008 01:08 WIB
Penulis : Widhoroso

AFP

JIUQUAN–MI: Untuk ketiga kalinya, China kembali meluncurkan misi ruang angkasanya. Wahana luar angka Shenzhou VII yang membawa tiga awak ini diluncurkan di Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Provinsi Gansu, Kamis (25/9).

Berbicara dari ruang kontrol pusat peluncuran, Presiden Hu Jintao menyatakan peluncuran ini merupakan keberhasilan bangsa China untuk mencapai puncak kejayaan di bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. “Peluncuram wahana ruang angkasa Shenzhou VII merupakan kemenangan besar dalam misi luar angkasa China,” jelas Hu Jintao.

Menurut rencana, dalam misi kali ini, salah satu astronot China akan melakukan perjalanan di ruang angkasa dan menjadi orang China pertama yang akan melakukan hal itu.

Sebelumnya China pernah dua kali meluncurkan misi ruang angkasa.  Pertama Oktober tahun 2003 dan kemudian pada Oktober tahun 2005. “Untuk pertama kali, bangsa China akan meninggalkan  jejak kakinya di luar angkasa. Ini akan menjadi sesuatu yang sulit dilupakan dan akan selalu diingat bangsa China,” tulis kantor berita China, Xinhua.

Program ruang angkasa China sendiri telah berlangsung sejak lama sejak Mao Zedong, pendiri Partai Komunis China tahun 1949 mengatakan China tidak akan pernah bisa mengirimkan kentang ke luar angkasa. Namun perkembangan program ruang angkasa negara komunis ini meresahkan negqra-negara barat dan Jepang. Kekhawatiran itu makin besar setelah China melakukan ujicoba rudal antisatelit tahun lalu. (OL-06)

~ by robeshare on September 26, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: