Ribuan Orang Usung Bendera Terpanjang

11 Oktober 2008 13:56 WIB

Antara

DENPASAR–MI: Ribuan orang dari berbagai elemen yang terhimpun dalam Komponen Rakyat Bali (KRB) mengusung bendera merah putih sepanjang 230 meter dengan lebar 260 sentimeter (2,6 meter).

Pengusungan bendera terpanjang itu menempuh jarak sekitar lima kilometer dari lapangan Niti Mandala Renon hingga ke Lapangan Puputan Badung, jantung Kota Denpasar, Sabtu.

Polisi lalu lintas siap-siaga mengatur arus lalu lintas di jalan yang dilalui para pengunjukrasa yang menolak diundangkannya RUU Pornofrafi.

Meskipun jalan yang dilewati pengunjukrasa dari berbagai elemen berlawanan arah dengan kendaraan yang lewat di jalur tersebut, berkat kesiap-siagaan polisi lalu lintas hal itu dapat ditangani dengan baik.

Unjukrasa yang paling besar selama ini di Bali juga diikuti oleh utusan dari Papua, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Bahkan Kanjeng Gusti Ratu Hemas, permaisuri Sri Sultan Hamengku Buwono X, menyempatkan diri untuk hadir di tengah-tengah pengunjuk rasa, meskipun jadual kegiatannya sangat padat.

Koordinator Komponen Rakyat Bali (KRB) Drs IG Ngurah Harta mengatakan, bendera merah putih yang membentang 230 meter itu, merupakan bendera terpanjang di Indonesia dan mungkin di dunia.

“Selama ini kami belum pernah mendengar ada bendera kebangsaan yang diusung di jalan raya sepanjang itu,” ujarnya menjelaskan.

Usai unjukrasa yang digelar sejak pagi hingga siang, para pengunjukrasa secara bersama-sama menggulung bendera panjang tersebut maupun spanduk dan poster yang mereka bawa.

Selesai seluruh rangkaian kegiatan merekapun membubarkan diri dan kembali ke tempat masing-masing. (Ant/OL-01)

~ by robeshare on October 11, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: