Dua Astronot AS Berikan Suara dari Ruang Angkasa

Minggu, 02 2008 21:47 WIB
WASHINGTON–MI: Dua astronot AS yang sedang meluncur ke orbit ratusan kilometer dari Bumi akan dapat menggunakan haknya dalam pemilihan presiden AS 4 November, kata badan ruang angkasa AS NASA.

Komandan Mike Fincke dan insinyur penerbangan Greg Chamitoff, yang sedang bekerja di dalam Stasiun Ruang Angkasa Internasional, akan memilih dengan pemungutan suara elektronik yang aman yang dihubungkan dengan Johnson Space Center di Houston, menurut NASA.

Suara mereka akan disampaikan oleh hubungan kembali yang aman ke Bumi, dan direkam oleh pejabat pemilihan setempat di Texas.

“Meskipun kami berada di jalan jauh dari rumah karena kami mengorbit lebih dari 322 Km di atas planet kita yang indah, kami akan melakukan hak konstitusional dan hak istimewa kami dengan memberikan suara kami pada hari pemilihan ini,” kata Fincke dalam satu video yang disiarkan belum lama ini di situs Internet NASA.

“Jika kami dapat melakukannya begitu juga bisa anda.”

Astronot dapat memilih dari ruang angkasa karena rancangan undang-undang 1997 yang disahkan oleh anggota parlemen Texas yang mengadakan proses itu. Hampir semua astronot AS tinggal di Houston, kata NASA.

Para astronot itu tidak mengungkapkan pada siapa mereka ingin memilih.

Calon presiden partai Demokrat Barack Obama akan berhadapan melawan calon partai Republik John McCain dalam pemilihan presiden 4 November, ketika pemilihan anggota kongres juga akan terjadi. (AFP/Ant/OL-02)

~ by robeshare on November 7, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: