KPI Hentikan Tayangan ‘Empat Mata’

Selasa, 04 2008 18:31 WIB
JAKARTA–MI: Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat menyebutkan, program siaran Empat Mata yang ditayangkan stasiun televisi Trans 7 harus dihentikan karena telah tiga kali mendapat teguran.

“Keputusan ini diambil setelah program Empat Mata telah menerima teguran sebanyak tiga kali yaitu 5 Mei 2007, 27 September 2007 dan 25 Agustus 2008,” kata Ketua KPI Pusat Sasa Djuarsa Sendjaja dalam jumpa pers di kantor KPI Pusat di Jakarta, Selasa.

Berdasarkan pemantauan KPI Pusat pada program Empat Mata yang tayang 29 Oktober 2008, episode Sumanto (mantan pemakan mayat), ditemukan adanya pelanggaran.

“Maka sesuai dengan Undang-undang penyiaran, KPI memutuskan untuk menghentikan sementara program Empat Mata, mengingat adegan dalam program tersebut sangat tidak pantas dan melanggar SPS (Standar Program Siaran) yang ditetapkan KPI,” kata Sasa.

Dia menjelaskan, dalam program Empat Mata pada episode tersebut, ada adegan yang menampilkan bintang tamu sedang memakan hewan, yaitu kodok dan ikan hidup.

“Program itu dinilai melanggar Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran atau P3-SPS,” katanya.

Sasa mengatakan ada tiga pelanggaran terhadap UU Penyiaran dari siaran Empat Mata yaitu pasal 28 ayat 3, pasal 28 ayat 4 dan pasal 36.

Pasal 28 ayat 3 berbunyi lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program dan promo program yang mengandung adegan di luar perikemanusiaan dan sadistis.

Pasal 28 ayat 4 berbunyi lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program yang dapat dipersepsikan sebagai mengagung-agungkan kekerasan atau menjustifikasi kekerasan sebagai hal yang lumrah dalam kehidupan sehari-hari.

Pasal 36 yang berbunyi lembaga penyiaran televisi dilarang menyajikan program yang mendorong atau mengajarkan tindakan kekerasan atau penyiksaan terhadap binatang.

KPI, kata Sasa, menerima banyak reaksi dan pengaduan dari masyarakat yang mengeluhkan tayangan Empat Mata tersebut.

“Untuk itu berdasarkan UU Penyiaran, KPI wajib menerima dan menindaklanjuti aduan masyarakat berkaitan dengan pelanggaran isi siaran,” kata Sasa.

Dia menambahkan apabila Trans 7 tidak mematuhi keputusan ini, maka KPI akan mempertimbangkan sanksi lebih lanjut sesuai dengan ketentuan UU Penyiaran. (Ant/OL-03)

~ by robeshare on November 7, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: