Obama Bicara Per Telepon dengan Sembilan Pemimpin Dunia

Jumat, 07 2008 09:02 WIB
CHICAGO–MI: Presiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama Kamis melakukan pembicaraan melalui telepon dengan sembilan pemimpin negara sekutu AS untuk menyatakan terima kasih atas pesan-pesan ucapan selamat mereka, kata seorang pembantunya.

“Obama kembali menghubungi para pemimpin Australia, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Israel, Jepang, Meksiko, dan Korea Selatan,” kata Sthepanie Cutter, wanita jurubicara pada kantor transisi Demokrat.

“Pemimpin Amerika mendatang itu ‘menyatakan terimakasih kepada mereka atas ucapan selamat yang mereka sampaikan atas terpilihnya sebagai presiden AS pada pekan ini,” katanya dalam pernyataan tanpa memberikan penjelasan lainnya.

Obama telah dibanjiri pujian-pujian dari mancanegara setelah kemenangannya atas kandidat Republik, John McCain, Selasa (4/11) akan dipilih sebagai presiden AS pertama dari kulit hitam. Ia bahkan mendapat ucapan pujian dari musuh-musuh AS seperti Iran dan Kuba.

Setelah pemilihan, Perdana Menteri Inggris Gordon Brown menyatakan Obama sebagai politisi yang energik. “Ini adalah momen yang akan dikenang dalam sejarah selama buku-buku sejarah ditulis,” kata Brown menambahkan.

Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, di antara para pemimpin yang menyebut kemenangan Obama sebagai ‘kemenangan brilian sebagai hadiah dari komitmen yang tak kenal lelah untuk mengabdi kepada bangsa Amerika.’

Perdana Menteri Israel yang segera habis masa jabatannya Ehud Olmert mengatakan, dia memastikan hubungan AS-Israel akan semakin erat di bawah kepresidenan Obama, setelah pihak Republik mengatakan bahwa Demokrat akan berbahaya bagi keamanan negara Yahudi itu.

Menurut Cutter, jurunicara Obama, presiden AS mendatang itu juga melakukan pembicaraan per telpon dengan Perdana Menteri Australia Kevin Rudd, Kanselir Jerman Angela Merkel, Perdana Menteri Jepang Taro Aso, Presiden Meksiko Felipe Calderon dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak. (AFP/Ant/OL-01)

arsip from : http://mediaindonesia.com/

~ by robeshare on November 7, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: