Obama Upayakan Persekutuan Kuat dengan Korsel

Jumat, 07 2008 09:53 WIB

Reuters

SEOUL–MI: Presiden Amerika Serikat terpilih Barack Obama dan Presiden Korea Selatan Lee Myung-bak Jum’at sepakat untuk bekerjasama menangani perlucutan senjata nuklir Korea Utara dan gejolak keuangan global, kata jurubicara Lee.

Lee dan Obama dalam pembicaraan per telepon juga sepakat bahwa persekutuan antara Korea Selatan dan AS diperkuat untuk mengupayakan perdamaian dan stabilitas di Asia, kata jurubicara itu.

Kedua pemimpin menyatakan keinginan untuk segera bertemu, dan saling mengemukakan spekulasi mereka mengenai pembicaraan-pembicaraan di sela-sela konferensi tingkat tinggi bidang keuangan Kelompok 20 yang dijadwalkan di Washington 15 November.

Lee telah dijadwalkan bertemu dengan kelompok penasehat luar negeri Obama di Washington pada sehari sebelum KTT.

“Obama menandaskan keinginan untuk memperkuat lebih lanjut persekutuan Korea Selatan dengan AS serta mencatat hubungan-hubungan erat mereka akan menjadi landasan bagi perdamaian dan stabilitas di Asia,” kata jurubicara kepresidenan Korea Selatan.

“Obama juga menunjukkan sikap persahabatannya dengan Korea, dan menyebut dirinya sebagai pengawal besar Korea Selatan dan rakyatnya.”

AS adalah sekutu lama Seoul dan telah menempatkan 28.500 tentaranya di negara itu untuk melindungi terhadap kemungkinan serangan Korea Utara. kedua negara terkadang saling berselisih mengenai bagaimana mereka menangani Korea Utara.

Beberapa komentator mengatakan bahwa Obama telah menyatakan kesediaan untuk berunding dengan pemimpin-pemimpin yang bermusuhan, seperti Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il, untuk mengatasi gangguan perundingan perlucutan senjata nuklir enam negara.

Namun tampaknya ada hal tak mudah bagi sikap Obama terhadap perjanjian perdagangan bebas AS-Korea Selatan, yang masih menunggu ratifikasi legislatif di kedua negara.

Dia menyatakan hal itu sebagai ‘cacat yang buruk’, dan mengatakan bahwa pihaknya tidak akan mengatasi ketidakimbangan yang menguntungkan Seoul dalam hal perdagangan mobil. (Ant/OL-01)

~ by robeshare on November 7, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: