Teknologi Bus Gandeng Komodo Dipatenkan

Jumat, 14 2008 19:00 WIB

ANTARA/FIRMAN

JAKARTA–MI: Teknologi tempel (articulated) dengan lantai tinggi (110cm) pada busway gandeng Komodo sudah dipatenkan PT Asia Auto International (AAI).

“Teknologi compressed natural gas high floor articulated bus ini yang pertama di dunia dan sudah dipatenkan,” kata Kepala Balai Mesin Perkakas, Teknik Produksi dan Otomasi (MEPPO) BPPT Dr Erzi Agson-Gani di Jakarta, Jumat.

Bus tempel Komodo tersebut, ujar Erzi, memiliki kelebihan yakni mampu menikung atau naik-turun beberapa derajat di jalanan dengan aman.

Menurut Erzi yang membidani disain Komodo sejak awal itu, bus gandeng ini juga memiliki casis yang tingginya sesuai dengan tinggi pintu halte busway yang standar digunakan di Jakarta.

“Busway gandeng yang diimpor dari China selama ini casisnya rendah, seharusnya dipakai untuk bus biasa yang jenis low floor (berlantai rendah) tapi dipaksakan untuk busway dengan meninggikan lantainya, akibatnya tentu saja kurang stabil,” katanya.

“Dengan demikian busway gandeng buatan dalam negeri ini lebih stabil dibanding buatan China yang digunakan saat ini,” ujarnya sambil menambahkan bahwa Komodo dijadwalkan akan mendapat penghargaan Rintisan Teknologi.

“Selain itu, bus tempel Komodo ini berbahan baku CNG dengan double trap filter atau sistem penangkap air yang menyebabkan kondisi mesin lebih kering dan bersih sehingga pemeliharaannya tidak boros,” ujarnya.

“Bahan bakar yang dipakai di Indonesia kurang baik mutunya dan membutuhkan biaya pemeliharaan yang tinggi setiap bulannya. Namun dengan teknologi ini biaya operasi bus 18 meter bisa dihemat seperti layaknya bus 12 meter,” katanya.

Sayangnya meski sudah diluncurkan, lanjut Direktur Komersial PT AAI Ruddy Susilo, pengoperasian 13 unit bus gandeng Komodo sebagai busway di jalur Kampung Melayu-Ancol ini masih terhambat masalah perizinan.

“Kami sebenarnya sudah siap, Lorena sendiri tinggal menunggu keputusan dari Pemda DKI saja,” katanya. (Ant/OL-03)

~ by robeshare on November 15, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: