Korea Borong Sejuta Ton Jagung Sulsel

Minggu, 16 2008 03:26 WIB

MAKASSAR–MI: Perusahaan nasional Korea, International Resource Energy Development (IRED) yang akan membangun pabrik pakan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), tahun 2009, akan membeli satu juta ton jagung daerah ini untuk kebutuhan industri pabriknya.

“Mereka sudah meminta jatah satu juta ton jagung setiap tahun untuk bahan baku pabrik tersebut, dan itu akan kita penuhi,” kata Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Sabtu (15/11).

Pembelian jagung ini dilakukan perusahaan itu karena lahan seluas 15.000 hektare yang dikelolanya di Kabupaten Gowa belum ditanami bibit jagung, termasuk pabrik pakan yang akan dibangun, baru direalisasikan enam bulan ke depan.

“Ini peluang besar bagi petani jagung di Sulsel untuk meningkatkan produksinya dengan cara menambah areal pertanamannya,” katanya dan menambahkan, tahun 2009 produksi jagung provinsi ini mencapai hampir tiga juta ton yang ditanam pada areal lahan seluas 100 ribu ha dengan menghasilkan surplus 1,5 juta ton.

Kalau perusahaan tersebut membeli satu juta ton jagung untuk dikirim ke negaranya guna diolah menjadi pakan ternak, berarti masih ada cadangan surplus 500 ton. Bagi Sulsel, produsen jagung terbanyak kedua di Indonesia, lanjutnya, merupakan suatu peluang strategis untuk mendekati pasar negara-negara konsumen yang banyak membutuhkan komoditi tersebut untuk bahan baku untuk industrinya.

Daerah kabupaten di Sulsel yang mengembangkan tanaman jagung yakni Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, Bulukumba, Pangkep, Barru, Bone, Sidrap, Wajo, dan Soppeng dengan produksi tahun 2007-2008 mencapai hampir satu juta ton dengan luas areal pertanaman sekitar 45.000 ha.

Direktur IRED, Mr. Moon secara terpisah membenarkan bahwa pihaknya akan membeli satu juta ton jagung dari provinsi ini untuk kebutuhan industri pakannya di negaranya, sebelum tanaman jagung yang akan diolah seluas 15.000 ha berproduksi.

Perusahaannya yang didukung pemerintah Korea nasional Korea untuk melakukan pengembangan usaha pabrik pakan dan pertanaman jagung di Sulsel, katanya, tahun 2009 akan membangun tiga unit pabrik pakan, kertas dan gas di kabupaten Gowa, Sulsel dengan investasi 279 juta dolar AS atau sekitar RP3 triliun.

Untuk pabrik pakan, lanjutnya, tahap pertama pihaknya membuka pengolahan tanaman jagung seluas 15.000 ha dari luas areal pertanaman jagung yang disiapkan pemerintah kabupaten Gowa 27.000 ha di kawasan industri daerah itu.  (Ant/OL-03) http://mediaindonesia.com/

~ by robeshare on November 17, 2008.

One Response to “Korea Borong Sejuta Ton Jagung Sulsel”

  1. i am Mr mahpud living in makassar city wona to be joint your company with spesication jagung pulut, if do you wont jagung pulut you can be contak by email scm_jakarta@yahoo.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: