Israel Cegah 15 Truk Berisi Obat Memasuki Jalur Gaza

Senin, 17 2008 10:10 WIB

KOTA GAZA–MI: Israel, Ahad, menghalangi 15 truk yang berisi bermacam obat melewati salah satu tempat penyeberangan Jalur Gaza, kata seorang pejabat kesehatan Palestina.

Mo’awiya Hassanein, kepala dinas layanan darurat dan ambulan di Kementerian Kesehatan Palestina, mengatakan dalam satu pernyataan bahwa Jalur Gaza telah dikenakan blokade ketat Israel selama 13 hari.

“Situasi medis bertambah buruk dan kami hidup dalam krisis parah kemanusiaan karena Israel menghalangi masuknya 15 truk yang berisi obat dari Tepi Barat ke Jalur Gaza,” kata Hassanein.

Israel menutup seluruh tempat penyeberangan komersial ke Jalur Gaza kurang dari tiga pekan lalu, setelah aksi kekerasan berkecamuk antara Israel dan kelompok pejuang Palestina di Jalur Gaza, yang melaksanakan gencatan senjata enam bulan yang diperantarai Mesir.

“Kami menghadapi kekurangan 300 jenis obat, dan kami terancam harus menjalani krisis jika kami kehabisan semua jenis obat,” kata Hassanein.

Hassanein mengatakan ada lebih dari 400 pasien di Jalur Gaza, kebanyakan adalah orang yang menderita kanker dan gangguan jantung, yang memerlukan perawatan medis di berbagai rumah sakit Israel atau Arab. Ditambahkannya, “Israel tak mengizinkan mereka meninggalkan Jalur Gaza.”

Israel berkeras bahwa Tel Aviv hanya akan membuka kembali pos penyeberangan Jalur Gaza, jika gerilyawan di Jalur Gaza menghentikan serangan roket rakitan dari Jalur Gaza ke kota besar dan permukiman di Israel selatan.

Pada Ahad, Israel berikrar akan mempertahankan blokadenya atas Jalur Gaza, kata Kementerian Pertahanan dalam satu pernyataan setelah Tel Aviv menuduh HAMAS “menggoyahkan” gencatan senjata dengan menembakkan roket.

“Menteri Pertahanan Ehud Barak telah memutuskan untuk pada Senin mempertahankan penutupan tempat penyeberangan ke dalam wilayah Jalur Gaza, menyusul konsultasi dengan berbagai anggota dinas keamanan,” demikian antara lain isi pernyataan itu.

“Keputusan ini telah diambil menyusul tembakan roket baru ke wilayah Israel,” katanya.

Beberapa roket mendarat di Israel, Ahad, melukai satu orang, dan memicu serangan udara yagn menewaskan empat pejuang Palestina. http://mediaindonesia.com/

~ by robeshare on November 18, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: