Obama Umumkan Tambahan Staf Gedung Putih

Kamis, 20 2008 08:57 WIB
WASHINGTON–MI: Presiden terpilih AS Barack Obama mengumumkan tambahan staf Gedung Putih, termasuk teman-teman lamanya.

“Saya senang mengumumkan tambahan baru bagi tim kami ini, dan saya akan mengandalkan pengalaman mereka yang luas dan beragam dalam beberapa bulan ke depan, saat kami bekerja untuk memperkuat ekonomi kita, memperbarui Washington, dan menanggulangi tantangan besar masa kita,” kata kantor peralihan Obama dalam suatu pernyataan, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Mereka yang diumumkan sebagai staf Gedung Putih setelah Obama memangku jabatan pada 20 Januari meliputi David Axelrod sebagai penasehat senior presiden, Lisa Brown sebagai Sekretaris Staf, Greg Craig sebagai Konsul Gedung Putih, dan Christ Lu sebagai Menteri Kabinet.

Axelrod, yang telah menjadi konsultan politik bagi banyak politikus kenamaan partai Demokrat dan menjabat sebagai ahli strategi penting selama kampanye Obama, dipandang telah memainkan peran penting dalam keberhasilan Obama dalam pemilihan umum.

Craig dan Brown telah bekerja untuk pemerintah mantan presiden Bill Clinton, masing-masing sebagai konsul khusus dan Konsul bagi wakil presiden.

Lu, orang China-Amerika teman sekelas Obama di Harvard Law School, telah bekerja untuk Obama dalam sejumlah peran dalam empat tahun terakhir. Saat ini, ia menjadi Direktur Pelaksana Proyek Peralihan Obama-Biden, dan menangani operasi peralihan harian.

Calon lain yang diperkirakan oleh media AS akan mengisi jabatan penting Gedung Putih meliputi James Steinberg, wakil penasehat keamanan nasional dalam pemerintah Clinton yang ditunjuk memimpin kelompok kerja keamanan nasional bagi tim peralihan Obama.

Pembantu dekat lain kebijakan luar negeri, Susan Rice, wakil menteri luar negeri urusan Afrika antara 1997 dan 2001, dipandang akan bekerjasama dengan Steinberg.

Obama telah mengungkapkan tim Gedung Putihnya sejak pemilihan umum 4 November tapi belum mengumumkan pemangku jabatan kabinet. Salah pengumuman pertamanya pasca-kemenangan adalah penunjukan anggota Kongres Rahm Emanuel sebagai kepala staf. Emanuel adalah pensehat senior dalam pemerintah Clinton dan pengumpul dana gemilang bagi partai Demokrat.

Sementara itu mantan presiden Bill Clinton telah membuka buku keuangan pribadinya bagi tim peralihan Obama dalam upaya melicinkan jalan bagi istrinya, Senator AS Hillary Clinton, untuk mendapatkan jabatan menteri luar negeri, demikian laporan The Wall Street Journal, Rabu (19/11).

Bill Clinton telah bepergian keliling dunia dan mengumpulkan jutaan dolar AS untuk yayasan amalnya sejak meninggalkan Gedung Putih pada 2001, serta mengumpulkan harta pribadi dari pembayaran sebagai pembicara.

Persetujuan keuangannya sedang diteliti oleh orang-orang Obama untuk memastikan bahwa tak ada konflik kepentingan luar negeri kalau Hillary Clinton memimpin Departemen Luar Negeri.

Tom Dashle, mantan pemimpin mayoritas di Senat AS dan pemimpin bersama kampanye presiden Obama, telah diberikan jabatan di layanan kemanusiaan dan kesehatan, demikian laporan CNN.

Dashle dikenal sebagai penganjur pembaruan perawatan kesehatan, yang tampaknya akan menjadi salah satu prioritas utama dalam negeri Obama pada 2009.

Pada Selasa, media melaporkan posisi jaksa agung telah diserahkan kepada Eric Holder, yang akan menjadi orang Afrika-Amerika pertama yang memimpin Departemen Kehakiman. Holder menjadi wakil jaksa agung pada pemerintahan Clinton.

Obama, yang pada masa kecil pernah tinggal di Indonesia, menghadapi krisis ekonomi dan menjadi presiden masa perang pertama AS dalam peralihan sejak Vietnam, sehingga menambah tekanan agar ia segera membentuk tim sebelum pelantikannya pada 20 Januari. (Ant/OL-02)  http://mediaindonesia.com/index.php?ar_id=NDUyNTA=

~ by robeshare on November 21, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: