Uang Tebusan Supertanker Arab Saudi Diturunkan

Selasa, 25 2008 13:49 WIB
MOGADISHU–MI: Perompak kapal Somalia yang membajak supertanker Arab Saudi telah mengurangi tuntutan uang tebusan mereka menjadi 15 juta dolar, kata seorang pemimpin milisi Islam dan kelompok maritim regional, Senin (24/11).

Pembajakan pada 15 November atas Sirius Star — dengan minyak senilai 100 juta dolar dan 25 anggota awak dari Inggris, Polandia, Kroasia, Arab Saudi dan Filipina — telah memusatkan perhatian dunia pada pembajakan yang menjadi-jadi di lepas pantai negara Tanduk Afrika itu.

Sejumlah pembajakan tahun ini telah menghasilkan jutaan dolar uang tebusan, meningkatkan biaya asuransi perkapalan, mengirim patroli angkatan laut asing bergegas ke kawasan itu, dan menyebabkan sekitar 12 kapal dengan lebih dari 200 sandera masih berada di tangan perompak.

Kelompok bajak laut itu pada awalnya menginginkan 25 juta dolar untuk pembebasan Sirius Star, yang dibajak jauh dari perairan Somalia sekitar 450 mil laut di tenggara Kenya.

Namun seorang juru bicara milisi Islam Abdirahim Isse Adow, yang orang-orangnya di daerah Haradheere tempat kapal itu ditahan jauh dari pantai, mengatakan tuntutannya telah diturunkan. “Perantara telah memberikan 15 juta uang tebusan bagi kapal Saudi itu. Itulah isunya sekarang,” katanya.

Bagaimanapun, seorang perompak di atas kapal itu mengatakan pada BBC melalui telpon bahwa “belum ada perusahaan” yang menghubungi pembajak, hanya orang yang menyatakan jadi perantara.

“Itu orang yang tidak dapat dipercaya. Kami tidak ingin membuat kontak dengan seseorang yang tidak dapat kami percaya,” kata perompak itu, yang menyebut dirinya Daybad. (Rtr/Ant/OL-06) http://mediaindonesia.com/

~ by robeshare on November 26, 2008.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: