Dhani Khilaf Soal Penghinaan Lambang Negara

Rabu, 26 2008 20:47 WIB
JAKARTA–MI: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Adhyaksa Dault menganggap tindakan Dhani Ahmad dari grup band Dewa yang melakukan penghinaan terhadap lambang negara yaitu bendera Merah Putih adalah suatu tindakan kekhilafan semata.

Pasalnya menurut Adhyaksa, Dhani memang tidak tahu apa yang dilakukan itu adalah suatu bentuk pelanggaran terhadap undang-undang, apalagi masuk kategori penodaan/penghinaan terhadap lambang negara.

Atas peristiwa ini, Menpora mengambil pembelajaran berharga betapa pentingnya sosialisi aturan terhadap lambang dan simbol negara kepada masyarakat luas.

“Tindakan Dhani itu bisa dimaklumi karena dia khilaf dan tidak tahu apa yang dilakukannya itu suatu pelanggaran hukum. Lewat pengacaranya Dhani juga sudah menyatakan penyesalannya pada saya dan berniat akan menarik video klip yang didalamnya ada tindakan yang secara tidak sengaja menghina lambang negara itu,” terang Adhyaksa, Rabu, di Jakarta.

Mantan Ketua Umum KNPI ini juga mengingatkan agar ormas kepemudaan tidak bersikap reaktif terhadap kekhilafan Dhani tersebut, karena menurut Adhyaksa sebenarnya maksud Dhani itu baik untuk menularkan rasa patriotisme kepada anak muda khususnya para fans berat Dewa 19.

“Dhani itu anak muda dengan darah seni yang tinggi, mungkin karena terlalu bersemangat berkarya secara tidak sengaja dia melakukan tindakan fatal. Sebagai yang lebih mengerti, saya telah mengingatkan dia. Jadi saya harap kita maafkan Dhani dan mari kita bimbing karena bagaimanapun juga dia adalah aset bangsa ini,” tutur peraih Award Tokoh Muda Nasional ini, dengan bijak.

Sementara itu, berbeda dengan Menpora, Roy Suryo yang merupakan narasumber dalam rancangan undang-undang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan (RUU BBLNLK) mengingatkan agar Dhani tidak main-main atas tindakannya tersebut.

Menurut pakar telematika itu, tindakan Dhani sudah masuk kategori penodaan terhadap lambang negara dan ada ancaman hukuman pidananya. Fungsionaris Partai Demokrat itu juga menyatakan kalau tindakan Dhani itu melukai perasaan rakyat Indonesia terutama para pahlawan yang telah mempertahankan Merah Putih dengan darah dan air mata.

“Tindakan Dhani jelas penodaan terhadap lambang negara dan karena itu pada hari Jumat (28/11) nanti saya akan laporkan Dhani ke Mabes Polri karena telah melanggar PP 40/Tahun 1958. Ancaman pidananya memang cuma tiga bulan kurungan tapi ini penting saya laporkan agar menjadi pembelajaran bagi yang lain,” terang pembuat situs Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Dalam video klip lagu Dewa 19 yang terbaru, berjudul Perempuan Paling Cantik di Negeriku Indonesia terdapat bendera Merah Putih dengan tulisan dan simbol Dewa 19.

Hal itulah yang dianggap beberapa pihak termasuk Roy Suryo merupakan sebuah bentuk penodaan terhadap lambang negara, karena menurut PP 40/58 bendera Merah Putih tidak boleh ditambah oleh tulisan atau simbol tertentu. (Ant/OL-01) http://mediaindonesia.com/

~ by robeshare on November 27, 2008.

2 Responses to “Dhani Khilaf Soal Penghinaan Lambang Negara”

  1. roy,maafin dhani. ……………….

  2. thanks 4 ur comment bro
    nmanya juga orang nggak luput dari DOSA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: