Tetap Makan Enak Saat Diet

20-11-2008 11:00 WIB
Penulis : Regina Heskia Panontongan

Hasrat hati sih ingin menurunkan berat badan beberapa kg, namun sepertinya sulit sekali untuk bisa menahan rasa lapar. Cari tahu trik-trik diet yang memberikan daftar makanan tertentu (bahkan pizza!) yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Sarapan

Cottage cheese
Bisa membantu membantu menurunkan berat hingga beberapa kg dalam 10 minggu. Karena ia kaya akan protein susu yang bisa melepas hormon pemberi pesan kenyang ke otak. Jenis rendah lemak lebih bagus karena mengandung 80 gram kalori dan 1 gram lemak per 1/2 cangkir.

Putih telur
Asam amino yang terdapat di dalam putih telur membantu membangun otot dan mempercepat proses metabolisme. Keju rendah lemak bisa membantu mengendalikan penjalaran kalori.

Oatmeal
Jenis yang plain tidak memperoleh tambahan gula dan membuat kadar gula darah stabil. Untuk rasa manis, tambahkan bubuk kayu manis atau kacang giling.

Makan siang

Sushi
Satu buah sushi memiliki 30 sampai 40 kalori dan kaya akan protein yang mengenyangkan. Tinggalkan dulu sushi gulung yang digoreng atau yang dibuat dengan tambahan mayonnaise.

Selai kacang
Bisa menjadi campuran roti tawar. Selai kacang memiliki lemak sehat, namun tetap harus diperhatikan porsinya, jangan berlebihan. Karena 2 sendok makan selai kacang mengandung 190 kalori.

Kacang-kacangan
Kandungan kalorinya hanyalah 150 kalori per 1/2 cangkir, kaya protein, serat dan antioksidan. Jadikan campuran dalam makanan favorit Anda, seperti sup atau salad.

Yogurt bebas lemak tanpa rasa
Yogurt jenis ini mengandung kurang dari 10 kalori per satu sendok makan, bandingkan dengan mayonnaise, untuk porsi yang sama kandungan kalorinya adalah 90 kalori. Campurkan dalam tuna salad favorit Anda sebagai pengganti mayonnaise.

Lemon
Campurkan dalam salad, ayam panggang, ikan atau sayur. Wanginya yang segar dan tajam bisa membuat Anda lebih menyukainya dibanding butter untuk melengkapi menu makan siang.

Snack

Wortel
Wortel bisa dimakan dalam porsi sebanyak apapun tanpa takut akan kegemukan, dan juga rasa manisnya memungkinkan untuk dikonsumsi tanpa tambahan apapun. Wortel rendah kalori dan kaya serat, cocok untuk Anda yang sedang berdiet namun hobi ngemil.

Kacang kedelai
Ganti cemilan Anda dengan cemilan sehat yang satu ini. Karena 1,3 ons kacang kedelai hanya mengandung 140 kalori, lebih rendah 55 kalori dari keripik yang biasa menjadi cemilan Anda. Namun keuntungannya Anda telah mendapatkan 9 gram protein.

Edamame
Mengandung 6 gram serat untuk setiap 190 kalori dalam 3/4 cangkir, plus protein. Lebih baik dimasak bersama dengan kulitnya, sehingga memperlambat proses makan, hingga porsi yang Anda makan jadi lebih sedikit.

Buah kering
Kaya serat dan hampir tidak mengandung lemak. Namun kandungan kalorinya tetap ada, jadi batasi porsinya hanya 1/4 cangkir setiap kali menyantap.

Makan malam

Udang
Dalam 84 kalori di setiap 3 ons penyajiannya, udang hanya memiliki 2/3 kalori yang dimiliki oleh ayam, bahkan hanya 1/2 dari kalori daging sirloin.

Pizza
Campurkan satu sendok minyak zaitun, tambahkan bayam, jamur, buah zaitun hitam, bawang merah dan sedikit keju rendah lemak  dalam setiap santapan. Dengan begini, Anda mengatur sendiri bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh. Ini yang menjadikan pizza tetap aman untuk disantap saat diet.

Tahu
Untuk setiap potongan seberat 3 ons, tahu hanya mengandung 50 kalori. Anda bisa membuatnya dengan cara barbecue atau digoreng. Bagi Anda yang tidak menyukainya, bekukan terlebih dahulu tahu sebelum dimasak, agar mendapatkan tekstur seperti daging atau ayam.

Ayam tanpa kulit
Hindari memasaknya dengan cara digoreng, agar bisa mengurangi jumlah kalori yang masuk sebanyak 240 kalori. Perkaya rasa dengan sayuran dan bumbu segar.

Sweet potatoes
Kandungan kalorinya hanya 115 dan tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Coba masak dengan cara dipanggang dan diberi campuran minyak zaitun.

Apel panggang
Apel kaya serat yang membantu proses penurunan berat badan.

Frozen fruit
Memiliki rasa manis alami, rendah kalori dan kaya serat dan air untuk membuat Anda tetap merasa kenyang.

Puding
Tentunya yang bebas lemak dan gula, karena hanya mengandung 80 kalori.

Minuman

Fat-free hot chocolate
Campuran biji coklat akan memberikan rasa coklat yang hanya mengandung 50 kalori. Coba campur dengan susu skim dan es untuk menjadikannya milk shake.

Teh herbal
Ketika sedang merasa sedikit lapar dan menginginkan sesuatu yang manis, minumlah teh herbal. Menghilangkan stres, dan mencegah emosi yang berlebihan. http://www.mediaindonesia.com/mediaperempuan/?ar_id=ODQy

~ by robeshare on November 27, 2008.

2 Responses to “Tetap Makan Enak Saat Diet”

  1. nice articles about diet. Coba lihat lebih banyak di website akubugar.com

  2. Artikel anda di

    http://diet.infogue.com/tetap_makan_enak_saat_diet

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: